RSS

kontroversi pelantikan bupati cilacap saat cuti bersama

16 Mei

Cilacap,– Libur dadakan yang dikeluarkan oleh pemerintah mengakibatkan rencana pelantikan Wakil Bupati Cilacap (Jateng) Tato Suwarto Pamuji menjadi Bupati Cilacap, Senin (16/05/2011), menjadi terancam.

Penetapan hari libur cuti bersama itu, menimbulkan kontroversi terhadap rencana pelantikan Wabup Tato yang kini sebagai Plt.Bupati. Bupati Cilacap non aktif Probo Yulastoro tersandung kasus korupsi dan kini mendekam di penjara.

Kontroversi itu terkait dengan kabar tentang larangan untuk kegiatan kenegaraan yang dilaksanakan pada hari libur nasional seperti pelantikan Bupati Cilacap. Sejumlah tanggapan kontroversi pun bermunculan.

Pakar Hukum Tata Negara sekaligus dosen Unsoed Purwokerto, DR.Mohamad Fauzan mengatakan, sepanjang tidak ada larangan, maka pelantikan untuk Bupati Cilacap diperbolehkan.

“Yang saya tahu, sejauh ini tidak ada larangan. Itu berarti, pelantikan Bupati Cilacap yang telah diagendakan hari Senin (16/5/2011) besok diperbolehkan” kata DR.M.Fauzan.

Hanya saja menurutnya, akan mengandung sebuah konsekuensi yang menyangkut keuangan. “Itu karena dilaksanakan di luar hari kerja. Logikanya, hari libur itu untuk memberikan kesempatan bagi pegawai agar beristirahat,” tutur dia.

Ia juga menilai, keabsahan pelantikan Bupati Cilacap itu bisa didasarkan pada sumber kewenangannya. Yakni, dari Mendagri yang mendelegasikan kepada gubernur.

“Sepanjang, sumber kewenangan itu tidak mewakilkan lagi maka keabsahannya bisa dipertanggungjawabkan” tuturnya.

Cacat Hukum

Pernyataan berbeda disampaikan Ketua LSM Serumpun Cilacap, Ekanto Wahyuning Santoso. Menurutnya, jika pelantikan Bupati Cilacap tetap dipaksakan pada Senin besok, maka akan menjadi cacat hukum.

“Karena dalam aturannya, bahwa penggunaan keuangan negara itu tidak boleh pada hari libur maupun hari yang diliburkan berdasarkan pengumuman dari pemerintah pusat. Dan keputusan itu bisa dibatalkan berdasarkan keputusan PTUN” kata Ekanto. [py]

revrensi: http://www.seruu.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 16, 2011 in BERBAGI, POLITIK

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: