RSS

Mengurangi resiko terkena obesitas

18 Apr

Mengurangi resiko terkena obesitas

Mengurangi resiko terkena obesitas

Seseorang akan masuk dalam kategori obesitas derajat satu adalah ketika massa tubuhnya (IMT) 29,9. sedangkan obesitas derajat dua terukur dengan IMT diatas 30, sedangkan morbid terlihat dari IMT 40. bahaya dari penyakit obesita (kegemukan) ada 2, yaitu yang pertama gerkan akan kaku, semangat menurun, mempengaruhi pekerjaan normal, dan pergaulan dimasyarakat. kedua, obesitas bisa mengakibatkan timbulnya penyakit jantung, stroke, lumpuh setengah badan, hepertensi, diabetes, fatty liver (penimbunan lemak di hati), kemandulan dan berbagai penyakit parah lainnya.

Dewasa ini, banyak obat-obatan diet maupun metodenya beragam, tetapi hasilnya tidak menggembirakan, kebanyakan orang bahkan bisa muncul kondisi “semakin diet semakin gemuk, semakin diet semakin banyak penyakit” dan hasil negatif lainnya.

Menurut dr Samuel Oetoro MS SpGK, dengan menggunakan cara diet itu mungkin saja akan dengan cepat menurunkan berat badan, namun dapat merusak metabolisme. Samuel menyarankan berdietlah dengan benar. “ketahuilah penyebab obesitas terlebih dahulu dan dapatkan obat dari dokter sebagai pilihan ketika diet plus olahraga tidak cukup membantu”.

Bagian tersulit dari mengendalikan obesitas adalah mengubah kebiasaan. Tanpa adanya modifikasi gaya hidup, berat badan akan naik lagi. Akan berbahaya jika grafiknya naik-turun. “lemaknya akan jauh lebih menumpuk di dalam organ”. Apapun dietnya, upayakan untuk membatasi jumlah kalori dan pilih makanan yang rendah lemak seperti penganan berminyak, bermentega, mengandung keju, kuning telur, atau daging yang belemak.

Untuk mereka yang bobot tubuhnya kurang dari 100 kg, jalan menjadi pilihan paling tepat. Kalau lebih dari 100 kg, silahkan berenang atau bersepeda agar tidak membebani lutut. “Jangan asal keluar keringat, lakukan lebih dari 30 menit untuk mencapai fase pembakaran lemak’.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 18, 2011 in BERBAGI, KESEHATAN

 

Tag: , , , ,

One response to “Mengurangi resiko terkena obesitas

  1. ekofaisalyusuf

    April 18, 2011 at 8:17 pm

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: