RSS

INFRASTRUKTUR RUU Pengadaan Tanah Selesai dalam Tiga Bu

16 Apr

Infrastruktur RUU Pengadaan Tanah Selesai dalam Tiga Bulan

Rancangan Undang-Undang pengadaan Tanah untuk Pembangunan di janjikan selesai dalam tiga bulan kedepan. Mulai bulan Maret 2011. DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) , telah mulai membahas materi di dalam RUU tersebut.

  1. Kenapa RUU tersebut harus ada dan apa maksudnya?

Dengan UU Pengadaan Tanah, diharapkan kebutuhan lahan untuk infrastruktur dapat mudah di penuhi. Hal itu karena selama ini hambatan dalam pembangunan infrastruktur mulai dari jalan tol, pelabuhan, hingga bandara, terletak di pengadaan lahan yang sering kali tak dapat dipastikan kapan lahan dapat dibebaskan. “Apabila materi RUU dipahami oleh semua pihak dan dapat dipikirkan kepentingan yang lebih besar, sebenarnya pembahasan RUU itu hanya membutuhkan waktu tiga bulan tak usah menunggu sampai akhir tahun ini,” kata anggota panitia kerja RUU Pengadaan Tanah, yang juga anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI-P, Nusyirwan Soejono, Jum’at (1/4) di Jakarta.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Rabu kemarin, dalam dialog infrastruktur yang sedang di gelar PT Nusantara Infrastruktur Tbk, mengatakan, pemerintah mengharapkan RUU itu diselesaikan paling lambat akhir tahun ini.

Persoalan didalam pengadaan lahan adalah jangka waktu pembebasan lahan yang tak pasti yang akan di eliminasi dengan memperluas konsinyasi. Kemudian, adanya personel yang pasti untuk membebaskan lahan.

Sementara bagi Nusyirwan, perkara terkrusial dalam RUU Pengadaan Tanah ini adalah kepastian lahan yang akan dibebaskan sesuai rencana tata ruang dan tata wilayah. Dengan demikian, ada kepastian dalam suatu proyek infrastruktur.

http://www.kompas.com/  sabtu, 2 april 2011/ekonomi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 16, 2011 in BERBAGI, POLITIK

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: